SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

Bosan dengan Pelembab Biasa, Yuk Coba Face Oil sebagai Alternatif Pelembab Kulit Wajah

photo by Olha Ruskykh on Pexels.com

Face oil adalah salah satu jenis skincare minyak alami untuk wajah yang berasal dari bahan dasar minyak dan biasanya diambil dari ekstrak tumbuhan seperti kelapa, jojoba, biji matahari, argan, berbagai jenis bunga-bunga an dan lain sebagainya. Minyak ini bisanya dipilih karena memiliki efek melembabkan untuk kulit wajah , memperbaiki tekstur kulit serta mencegah munculnya tanda-tanda penuaan.

Face oil bisa dikatakan terobosan baru di dunia per skincare an karena sebelumnya kita hanya tahu jenis pelembab untuk kulit seperti krim, gel maupun lotion saja, sekarang pilihan sudah lebih beragam dengan hadirnya face oil yang terbuat mostly dari bahan-bahan alami.  Namun, produk dengan kandungan bahan dasar alami belum tentu sepenuhnya cocok untuk semua jenis kulit loh, perlu diingat bahwa tekstur face oil adalah minyak dan tidak semua jenis kulit cocok dengan tipikal oil seperti ini.

Pros dan Cons penggunaan face oil

Dengan beraneka ragam nya jenis skincare, pasti semuanya mempunyai pros dan cons nya masing-masing,begitu juga dengan face oil ini. Kira-kira apa saja sih pros dan cons nya?

Pros

1. Menghidrasi kulit : face oil sangat bagus untuk menghidrasi kulit yang memang butuh kelembaban tinggi karena produk ini disinyalir bisa membuat kulit lebih lembab, halus, lembut dan juga kenyal.

2. Menutrisi kulit : beberapa jenis face oil juga mengandung berbagai macam ingredients seperti antioksidan dan vitamin yang mampu menutrisi kulit dengan lebih baik.

3. Memperbaiki tekstur kulit : face oil juga dipercaya ampuh untuk memeprbaiki tekstur kulit  yang kurang rata akibat bekas jerawat maupun warna kulit yang tidak merata.

4. Menyeimbangkan produksi minyak : mungkin ini terdengar kontras, namun face oil ternyata juga mampu mengatur produksi sebum atau minyak di kulit wajah, termasuk mengurangi kelebihan produksi minyak.

Cons

1. Menyebabkan breakout : selain manfaat positifnya, face oil juga dapat menyebabkan efek samping seperti breakout atau jerawat, terutama bila dipakai oleh orang-orang dengan tipe kulit berjerawat atau acne prone.

2. Menyebabkan kulit justru lebih berminyak : bila pada poin pros di atas salah satu manfaat face oil adalah bisa mengatur kadar minyak pada kulit, pun sebaliknya bila kita tidak cocok menggunakan nya, justru face oil akan membuat kulit kita semakin berminyak karena residu minyak yang ditinggalkan saat pengaplikasian.

3. Menyebabkan iritasi : setelah breakout dan juga residu minyak berlebih, bila dibiarkan terlalu lama tentu kondisi ini akan menimbulkan iritasi bagi kulit, kulit bisa menjadi lebih berjerawat dan juga kemerahan maupun gatal, terutama bagi pemilik kulit yang sensitif. So, coba dulu sedikit dan lihat reaksinya di kulit ya sebelum mengaplikasikan ke seluruh wajah.

Jenis kulit yang cocok menggunakan face oil

Pada dasarnya semua jenis kulit bisa cocok-cocok saja menggunakan face oil asalkan kita tidak salah pilih jenis minyak yang akan digunakan, karena setiap jenis minyak mempunyai fungsi yang berbeda sesuai jenis kulit. Jadi, bukan berarti pemilik kulit berminyak tidak boleh menggunakan face oil dan sebaliknya, namun jenis minyak apa yang kita pilih untuk tipe kulit kita, itulah yang menentukan cocok tidaknya pemakaian face oil di kulit wajah kita.

Sebagai contoh, untuk kulit kering kita bisa mengguanakan face oil dari bahan dasar minyak jojoba, minyak argan atau minyak sereal . untuk kulit berminyak rekomendasi face oil dari bahan minyak lavender, minyak tea tree, atau minyak bergamot sangat bagus untuk membantu mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah. Bagi pemilik kulit sensitif, kita bisa mempertimbangkan produk face oil yang berbahan dasar minyak chamomile, minyak calendula ataupun minyak biji plum sedangkan untuk mengatasi kerutan dan tanda penuaan kita bisa menggunakan bahan dasar minyak rosehip, minyak marula dna juga minyak dari acai berry.

So, face oil hanya salah satu alternatif untuk melembabkan kulit bila dirasa kita sudah bosan mengguanakn produk yang biasa kita pakai. Selalu ingat untuk tidak salah memilih kandungan jenis minyak nya dan sesuaikan dengan tipe kulit wajah kita. Bila dirasa masih ragu namun penasaran ingin mencoba, sebaiknya berkonsultasi kepada dokter atau ahli kecantikan untuk memastikan atau merekomendasikan jenis face oil yang cocok untuk kebutuhan dan kondisi kulit kita.

 Tertarik mencoba face oil?

Related Posts
Ashana Umi Fitria
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : umifitria88@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular