SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

Rekomendasi Bumbu Dapur Olahan yang Bisa di Stok di Kulkas

photo by stockimagefactorycom on Pexels.com

Masih membahas seputar bumbu masakan, kali ini kita akan membahas rekomendasi bumbu dapur dasar yang sering di gunakan saat memasak. Jdi sempat terpikir bagaimana caranya agar acara masak memasak ini bisa jadi lebih simple dengan menghemat waktu mengupas, mengiris,atau mencincang aneka bumbu karena bila kita ingat-ingat, yang lama dari proses memasak itu sebenarnya adalah preparation nya , menyiapkan bumbu masakan, memastikan takaran dan jumlah nya pas sebelum kita masuk ke inti acara memasak nya itu sendiri.

Seringkali kita menggunakan bumbu dapur alami yang bisa dibilang hampir sama dalam setiap kegiatan memasak, saya memang suka jenis masakan yang simple dan cepat karena berlama-lama di dapur itu ternyata capek juga ya, belum lagi harus membagi waktu meladeni si kecil sehingga kegiatan di dapur sebisa mungkin harus efisien. Terkadang saya mendapati meracik dan menyiapkan bumbu yang sama, sehingga saya harus berulang kali melakukan nya, sampai akhirnya muncul ide bagaimana kalau  membuat versi siap pakai bumbu masakan dasar ini supaya tidak perlu lagi memproses dari  bahan mentah supaya bisa menghemat waktu memasak.

Untuk bumbu masakan dasar nya sendiri, sebenarnya tergantung selera dan tipikal masakan apa yang sering kita masak, so hanya kita sendiri yang tahu apa yang kita butuhkan. Namun, untuk berbagi pengalaman, saya ingin share bumbu apa saja yang saya stok dan racik dalam jumlah banyak dan saya simpan di kulkas, sehingga kapanpun saya memasak, saya tinggal ambil seperlunya saja. Berikut rekomendasi bumbu dapur alami yang bisa kita olah dalam jumlah banyak dan stok di kulkas :

1. Pasta bawang merah dan putih

Bawang merah dan putih adalah dua kombo yang sepertinya tidak pernah absen dalam masakan sehari-hari, mulai dari tumisan hingga berkuah, biasanya kita selalu memakai kombinasi bawang merah dan putih sebagai bumbu dasar nya sebelum diracik dan dicampur dengan condiment yang lain. Bisa dibayangkan bila kita harus mengupas dan mengiris atau menguleg bawang merah dan putih bersamaan dan berkali-kali setiap memasak? lumayan juga ya, hehe dan karena saya pun sering menggunakan dua bahan ini sebagai bumbu dasar masakan saya, akhirnya saya berinisiatif untuk membuat pasta campuran bawang merah dan putih dengan cara menghaluskan keduanya (bisa di blender atau chopper) dan menympan ke dalam wadah tertutup untuk selanjutnya disimpan di kulkas. Supaya bumbu  lebih awet  dan berumur panjang kita bisa menambahkan minyak goreng saat menghaluskan. Bila menggunakan chopper, pastikan jumlah dan komposisi antara bahan dan minyak goreng pas ya, supaya hasilnya halus seperti di blender karena kalau tidak, maka teksturnya pun juga akan cincang kasar, tapi ini kembali lagi ke preferensi masing-masing, lebih suka halus atau cincang kasar untuk paduan bawang merah dan putih ini.

2. Bumbu balado

Siapa yang tidak suka dengan bumbu balado? cara membuatnya simple dan juga rasanya yang enak praktis membuat bumbu ini juga sangat bisa diandalkan untuk aneka masakan karena hampir semua bahan bisa kita bumbui dengan bumbu balado ini, mulai dari telur balado, terong balado, kentang balado dan masih banyak ragam olahan bumbu balado lainnya. So, bagi penggemar masakan dengan olahan bumbu ini tentu akan lebih praktis bila kita menyetoknya dalam jumlah yang cukup sehingga kita tidak perlu menggiling cabai merah berulang-ulang. Untuk resep bumbu balado yang simple dan anti gagal bisa di cek di sini ya.

3. Bumbu cabai ijo

Kalau bumbu balado menggunakan cabai merah, kali ini bumbu yang sama namun menggunakan cabai hijau. Secara garis besar cara pembuatan nya tidak terlalu berbeda, kita tinggal mengganti cabai merah dengan cabai hijau, bila ingin sedikit pedas juga bisa menambahkan cabai rawit hijau maupun tomat hijau supaya tekstur dan citarasa lebih segar. Banyak juga masakan yang cocok dibumbui dengan pasta bumbu ini seperti cumi, teri, dendeng dan masih banyak lagi.

4. Bumbu masakan dasar lainnya

Kuliner Indonesia juga mempunyai resep dasar nya masing-masing seperti misalnya soto, rawon, gulai bahkan rendang.  Bila kita sering memasak tipikal masakan ini, bisa juga kita membuat bumbu dapur khas masakan tersebut dalam jumlah banyak untuk di stok, sehingga saat hendak memasak, kita tinggal ambil bumbu nya , tumis sebentar, tambahkan bahan pelengkap dan voila, tidak butuh waktu lama masakan andalan kita sudah siap untuk dihidangkan.

Bagaimana Mom? apakah sedikit membantu untuk memangkas waktu memasak di rumah? atau mungkin bila ada ide bumbu lain yang bisa kita stok dan belum disebut boleh di share di kolom komentar loh.

Selamat mencoba.

Related Posts
Ashana Umi Fitria
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : umifitria88@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular