SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

Tumis Tahu Kol, Resep Olahan Tahu Praktis Penyelamat Tanggal Tua

photo by jcomp on Freepik.com

Daftar isi


Tahu sudah menjadi bahan makanan yang sangat familiar dalam kehidupan masyarakat kita, olahan yang terbuat dari kacang kedelai ini memang termasuk dalam kategori superfood karena kandungan nya yang lengkap seperti protein, serat, lemak, karbohidrat bahkan vitamin dan juga mineral yang bisa kita dapatkan dalam sepotong tahu. Selain kandungan gizi yang sudah tidak perlu diperdebatkan lagi, harga tahu juga terbilang ekonomis, bahkan mungkin yang paling murah diantara sederet makanan sumber protein lainnya. Maka tak heran bila tahu selalu laris manis di pasaran karena semua kalangan masyarakat sangat gemar mengkonsumsinya dan sudah menjadi lauk wajib yang selalu ada di setiap rumah-rumah.

Biasanya, kita hanya mengolah tahu dengan cara digoreng untuk dijadikan lauk teman makan atau dijadikan camilan, padahal olahan tahu tentu sangat beragam dna tidak ada habisnya, mulai dari olahan tahu untuk snack, sayur pendamping, bahkan kerupuk yang terbuat dari tahu. Kali ini, saya ingin berbagi resep olahan tahu praktis dan juga sehat yang cocok untuk lauk maupun bahan pendamping menu makanan utama. Resep ini bisa dibilang resep klasik karena menu makanan ini biasanya sering kita temukan dalam makanan kenduri atau istilah nya “berkat” dalam tradisi masyarakat Jawa pada khususnya.  Bahan dan cara membuatnya pun sangat simple dan anti ribet, berikut rincian nya :

Bahan :

Kol atau kubis putih

Tahu putih atau bisa juga tahu yang sudah dijual matang

Bawang merah

Bawang putih

Lada

Saus tiram

Kecap manis

Kaldu bubuk

Minyak untuk menumis

Sedikit air

Cara membuat :

1. Potong tahu putih berbentuk korek api memanjang dan goreng sampai matang sesuai selera. Bila menggunakan tahu yang sudah matang saat dibeli, tidak perlu digoreng lagi, cukup potong – potong tahu berbentuk korek api. Sisihhkan.

2. Iris atau sisir kol sesuai selera, sisihkan.

3. Iris bawang merah dan bawang putih,sisihkan.

4. Panaskan minyak untuk menumis lalu masukkan irisan bawang merah dan bawang putih, tumis sampai harum .

5. Masukkan irisan kol, tambahkan sedikit air agar tidak terlalu kering , tumis hingga setengah layu.

6. Selanjutnya masukkan potongan tahu yang sudah digoreng tadi, lalu tambahkan kecap manis, saus tiram, lada, kaldu bubuk, aduk merata hingga meresap.

7. Tes rasa, setelah oke, matikan kompor dan tumis tahu kol siap untuk dihidangkan



Sangat mudah bukan?  bahkan bila kita tidak sempat memasak atau tidak bisa memasak pun menu olahan tahu ini bisa dibilang sangat loh. Olahan ini juga bisa diandalkan saat kita sedang buru-buru atau saat menginginkan masakan yang cepat dan praktis.Untuk urusan rasa juga tidak kalah meskipun bahan yang digunakan sederhana, terlebih lagi menu ini juga bisa jadi andalan di kala tanggal tua atau saat kita ingin memasak menu makanan sehat sekaligus ingin berhemat.

Silahkan mencoba.

Related Posts
Ashana Umi Fitria
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : umifitria88@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Popular