SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

Mengulik Kelebihan dan Kekurangan Jasa Laundry Koin


Ilustrasi by Freepik

Bagi kebanyak ibu rumah tangga, mencuci adalah salah satu aktifitas yang lumayan menguras tenaga meskipun kini kita telah dimudahkan dengan adanya mesin cuci mulai dari yang tipe standar dua tabung sampai tipe front load dengan teknologi yang sangat canggih, tetap saja kita juga harus turun tangan saat menjemur atau meng angin – angin kan pakaian, bahkan beberapa jenis kain juga tidak cukup hanya dikeringkan saja dengan mesin, tetap harus di setrika supaya hasil cucian nya sempurna.

Sebelumnya sudah pernah dibahas mengenai pro dan cons mencuci sendiri atau menggunakan jasa laundry di sini, nah di pembahasan kali ini kita akan lebih banyak mengeksplor layanan atau jasa laundry yang mungkin bisa dibilang cukup baru ya di dunia usaha laundry di Indonesia pada umumnya karena kalau di luar negeri mungkin ini sudah biasa. Jenis jasa ini adalah laundry koin, mengapa dinamakan laundry koin ? karena untuk bisa menuci dan mengeringkan pakaian harus terlebih dahulu memasukkan koin ke dalam mesin nya. Jadi memang berbeda ya built in mesin cuci untuk laundry koin dengan mesin cuci yang digunakan di laundry laundry konvensional pada umumnya.

Laundry koin ini juga bisa dioperasikan dengan dua macam cara, yakni bisa dengan sistem self service yakni mulai dari mencuci hingga mengeringkan kita sendiri sebagai pengguna yang melakukan nya, jadi peran petugas laundry hanya sebatas melayani penukaran koin dengan nominal tarif yang dibebankan. Sistem kedua adalah pakaian kita tetap akan dicuci dan di keringkan oleh petugas laundry, jadi setelah menimbang dan membayar di muka,  cucian bisa kita tinggal karena semua proses akan diurus oleh petugas laundry. Kok membayar di muka ? biasanya pembayaran laundry kan di akhir saat mengambil ? nah ini nanti yang menjadi salah satu kelebihan laundry koin yang akan kita ulas di pembahasan selanjutnya.

Cara kerja laundry koin

Bila dari sisi mesin nya saja sudah berbeda, sudah pasti cara kerja nya juga berbeda. Pada laundry koin , untuk mengaktifkan mesin pencuci maupun pengering kita harus memasukkan koin yang sudah disediakan terlebih dahulu. Satu koin biasanya digunakan untuk satu kali load atau satu kali sesi mencuci dengan kisaran kurang lebih selama 30 menit, sedangkan untuk mengeringkan kita butuh koin lagi yang per koin nya mempunyai durasi waktu pengeringan hingga 45 menit (disclaimer : durasi waktu ini mungkin bisa berbeda tergantung jenis mesin yang digunakan ya).

Jadi, kita membutuhkan total dua koin untuk mencuci dan mengeringkan. Bila cucian kita sangat banyak dan melebihi kapasitas load mesin, maka kita bisa menambah koin lagi untuk mencuci di mesin yang lain atau menunggu cucian pertama selesai dan memasukkan koin lagi untuk mencuci ronde kedua, jadi satu koin untuk satu kali proses.

Mengenai sistem tarifnya juga bermacam – macam, ada yang sistem nya harga koin, jadi yang dikenai harga adalah koin nya, ada juga yang sistem nya dihitung per kilo cucian, jadi koin nya hanya sebagai tool atau alat untuk menjalankan mesin cuci dan pengering nya saja.

Kelebihan dan kekurangan laundry koin

Meksipun terlihat sangat canggih dan modern, apapun yang namanya teknologi juga pasti mempunyai dua sisi baik itu positif maupun negatif. Untuk laundry koin sendiri memang teknologi ini bisa dikatakan cukup merubah image laundry konvensional selama ini karena dari segi harga dan waktu juga sangat bersaing dengan laundry biasa. So, tanpa banyak basa basi berikut kelebihan dan kekurangan laundry koin yang bisa kita ambil :

Kelebihan laundry koin

Harga lebih murah dari laundry biasa. Bagi yang sudah pernah menggunakan jasa laundry koin sebagian besar setuju bahwa harga laundry koin bila dihitung – hitung dan dibandingkan dengan laundry biasa bisa jauh lebih murah. Bila harga per kilo laundry rata – rata lima ribu sampai dengan tujuh ribu rupiah, laundry koin berada di kisaran tiga ribu an saja,  tentu ini akan sangat menghemat budget kita ya, terutama bila memang dalam rumah tangga  menggunakan jasa laundry untuk urusan cuci mencuci.

Waktu mencuci lebih cepat. Bila pada laundry biasa ada banyak pilihan waktu tunggu, mulai dari sehari jadi atau express yang tentu tarifnya juga lebih mahal sampai dengan waktu tunggu standar mulai dari dua sampai tiga hari hingga pakaian siap. Utnuk laundry koin, sistem nya first in first out, jadi begitu sampai di tempat kita bisa langsung mencuci dan mengeringkan di hari yang sama, waktu tunggu nya kurang lebih satu jam an dari proses mencuci sampai mengeringkan.

Mesin yang lebih lengkap dan canggih. Laundry biasa atau laundry rumahan biasnya proses mencuci dan mengeringkan nya dilakukan di mesin yang sama, itulah mengapa waktu tunggunya pun juga lebih lama karena perlu dijemur dan diangin – anginkan terlebih dahulu, pada laundry koin mereka melakukan dua kali proses pengeringan, pengeringan prtama dilakukan di mesin pencuci dilanjutkan dengan pengeringan kedua dilakukan di mesin khusus pengering sehingga pakaian yang keluar benar – benar kering sempurna, jadi tidak perlu dijemur atau di angin – angin kan lagi.

Kekurangan laundry koin

Varian cucian terbatas. Berbeda dengan laundry biasa yang mempunyai banyak variasi cucian, mulai dari cuci basah, cuci kering, cuci lipat, standar, express dan lain – lainnya serta pakaian kita akan di setrika dan diberi pewangi, pada laundry koin pilihan ini sangat terbatas. Kita hanya bisa memilih mencuci  setengah kering (tanpa menggunakan mesin pengering) atau mencuci kering saja.

Minimnya layanan tambahan. Pada laundry koin tidak ada layanan setrika, jadi begitu cucian kering kita langsung membawanya pulang, berbeda dengan laundry biasa yang juga memberikan layanan setrika pakaian. Kalaupun ada layanan tambahan mungkin hanya jasa melipat pakaian saja bila cucian kita tinggal dan meminta petugas untuk memproses nya.

Sabun dan pewangi dijual terpisah. Bila pada laundry biasa kita membayar harga sudah termasuk sabun dan pewangi, pada laundry koin kita harus memprovide sendiri sabun dan pewangi atau bila tidak membawa pihak laundry biasanya menyediakan dan menjual nya.

Itulah beberapa informasi mengenai laundry koin yang sepertinya juga sudah mulai marak dan banyak membuka gerai nya ya di lingkunagn sekitaran tempat tinggal kita. Bagi yang menginginkan layanan cuci yang cepat dan tidak keberatan untuk menyetrika sendiri di rumah sepertinya patut untuk mencoba layanan laundry yang satu ini karena selain hemat waktu juga hemat di kantong.



Related Posts
Umi Fitria Prihantini
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : simpelmommy@gmail.com

Related Posts

2 komentar

  1. Jujurnya aku ttp lebih suka yg laundry regular udah lengkap Ama setrika mba 🤣. Krn laundry koin ini masih terpisah2 lagi biayanya , apalagi blm di setrika nya itu yg jadi masalah juga.

    Eh tapi aku lumayan suka pake kalo pas traveling ke LN. Tapi selama masih di Indonesia, mnding yg regular lah. Toh selisih biaya ga banyak 😄

    BalasHapus
  2. betul mba, lebih enak yang siap pakai yak, hehe

    BalasHapus

Popular