SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

Pilih Pelembab atau Sunscreen ya Untuk Daytime Skincare ?

Bagi para pecinta skincare , baik itu skincare addict maupun yang masih dalam taraf mencoba – coba tentu tidak asing lagi dengan kampanye pemakaian sunscreen dan penting nya memakai sunscreen saat melakukan rutinitas skincare di pagi hari. Berbeda dengan malam hari,skincare pagi hari sebenarnya bisa dibilang sedikit lebih tricky ya karena pagi dan siang hari adalah waktu di mana kita lebih banyakmelakukan berbagai macam kegiatan bahkan kadangkala harus dilakukan di luar rumah,yang mana tantangan nya lebih banyak, mulai dari polusi, debu, keringat dan tentunya sinar matahari itu sendiri.


Ilustrasi by Freepik

Pernah gak sih kita sudah merasa oke dengan skincare dan makeup yang paripurna, namun tidak berapa lama setelah beraktifitas, baik indoor maupun outodoor wajah  rasanya sudah kusam saja? bila pernah maka hal ini bisa di maklumi karena saat ritual kecantikan di pagi hari secara tidak sadar kita lebih banyak mengaplikasikan produk ke wajah kita loh, bila skincare malam kita hanya mengaplikasikan just skincare, untuk pagi hari kita akan melakukan double treatment, skincare dan juga makeup. Mungkin beberapa wanita tidak selalu harus menggunakan makeup, namun kenyataan nya baik menggunakan maupun tidak menggunakan makeup tetap saja menjelang siang hari, bahkan belum sampai siang hari kulit waja sudah berubah menjadi kilang minyak.

Penyebab kulit cepat berminyak di siang hari

Dari berbagai sumber dan literatur dijelaskan bahwasanya penyebab kulit lebih cepat berminyak itu bisa dikarenakan kurang nya hidrasi atau justru kelebihan hidrasi. Kok bisa kurang hidrasi bisa menyebabkan kulit berminyak? bisa, bila memang tipe kulit kita adalah tipe kulit yang berminyak sehingga kurangnya kelembaban akan membuat kelenjar sebum semakin aktif memproduksi minyak, Begitu juga bila kulit kita terlalu lembab juga akan memberikan efek yang sama, yakni kulit mudah sekali berminyak. Salah satu yang memicu cepatnya produksi minyak ini adalah saat kita menggunakan atau melayer skincare dengan kandungan pelembab yang berlebihan atau dobel – dobel dalam pemakaian nya. Contoh nya saat kita melakukan rutinitas skincare di pagi hari, setelah cleansing dan toning kita akan mengaplikasikan serum dan pelembab, selanjutnya ditutup dengan sunscreen. Lah bukan nya bagus ? well secara teori sih memang begitu ya urutan langkah yang direkomendasikan, namun kenyataan nya saat kita mengaplikasikan banyak produk yang sama – sama mengendung agent pelembab, maka kadar kelembaban kulit akan meningkat dan menyebabkan kulit overhidrasi, belum lagi penggunaan makeup  yang tebal yang semakin  membuat pori – pori kulit kita sulit bernapas, maka yang ada semua komponen itu akan terjebak dalam lapisan kulit dan akhirnya memicu produksi sebum atau minyak yang berlebih di wajah sehingga  tidak lama setelah ber skincare dan ber makeup ria, wajah kita terutama di bagian T-zone akan mulai berminyak dan kusam.

Solusi agar wajah tetap seimbang dan tidak over sebum

Pada pembahasan di atas telah disinggung bahwa faktor utama minyak berlebih setelah melakukan skincare dan makeup di pagi hari adalah pengaplikasian produk skincare dengan kandungan pelembab yang berlebihan. Bila kita amati lagi, selain produk pelembab yang memang benar – benar bertujuan melembabkan wajah, adakah produk lain yang juga mengandung agent pelembab di dalam nya ? hmm tentu dan pasti ada, coba kita cek, apakah serum pagi hari kita juga berfungsi melembabkan dan ada kandungan pelembab nya  ? ataukah sunscreen yang kita gunakan ternyata juga mengandung pelembab ? jadi bayangkan kita sudah mengaplikasikan tiga macam pelembab di tiga jenis produk skincare yang kita gunakan. Lalu apakah kita harus skip sunscreen atau serum  ? kan dua – duanya sama penting ? well memang pilihan sulit ya karena kita kan ingin nya semua kandungan produk skincare di atas terserap oleh kulit, namun yang perlu diingat juga, bila terlalu banya produk yang diaplikasikan juga akan menyulitkan kulit untuk menyerap nya dengan sempurna. Berikut saran dan alternative yang siapa tahu bisa dicoba agar sama – sama win – win untuk kulit kita :

  • Fungsi  utama skincare di pagi hari adalah selain untuk menjaga kadar kelembab kulit juga melindungi kulit dari paparan dan efek buruk sinar matahari sehingga sudah pasti pemakain sunscreen tidak bisa di skip, namun kita bisa memilih sunscreen dengan kandungan pelembab yang ringan dan menghindari kandungan pelembab yang tinggi seperti penambahan kandungan hyaluronic acid. Bila memang kita sudah cocok dengan sunscreen tertentu yang ternyata juga mengandung dan bertujuan juga untuk melembabkan, penggunaan pelembab murni lah yang bisa kita skip, sehingga setelah toner kita bisa langsung menggunakan sunscreen, toh kita mendapatkan efek ganda kan, melembabkan iya, proteksi sinar uv juga iya.
  • Untuk pemakaian produk tambahan seperti serum sebenarnya penting tidak penting sih kalau untuk pagi hari, memang benar ada beberapa serum yang anjuran penggunaan nya dipakai dua kali sehari pagi dan malam hari, namun seperti yang sudah pernah bahas di artikel tentang apliaksi serum di sini, pemakaian serum sebenarnya opsional dan sifatnya tidak se mandatory sunscreen untuk proteksi di pagi hari, bila memang sangat urgent dan harus digunakan, pilihlah serum yang murni sesuai fungsinya tanpa tambahan bahan – bahan pelembab bila kita hendak menutup rangkaian skincare kita dengan pelembab murni atau sunscreen.

Pada intinya semua kembali kepada prinsip keseimbangan, mau kita skip beberapa produk atau tetap memakai semua rangkaian produk skincare secara lengkap, tetap kuncinya adalah cermat memilih dan memilah produk dan kandungan di dalam nya. Boleh – boleh saja memakai semua produk bila kulit kita fine – fine saja dengan beberapa layer bahan pelembab, namun bila kulit kita tipe yang mudah sekali berminyak, maka meminimalisir layering produk skincare dengan kandungan pelembab yang intens tentu juga pilihan yang tepat untuk kulit kita. It’s oke kok bila kita hanya memakai sunscreen di pagi hari dan skip dulu pelembab karena kandungan sunscreen kita sudah mengandung pelembab, lebih baik kulit terlindungi dari sinar UV kan daripada memaksakan menggunakan semua produk skincare yang ujung – ujung nya membuat kulit kusam dan berminyak dalam waktu singkat. Semua pilihan ada di tangan kita yaa.

 

Related Posts
Umi Fitria Prihantini
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : simpelmommy@gmail.com

Related Posts

2 komentar

  1. Dulu aku kira cukup pakai pelembab aja, karena aku kalau daily nggak pernah bermake up mewah, sekarang pilihnya pelembab yang sekalian mengandung spf..malah seringnya beli sunscreen karena praktis

    BalasHapus
  2. wahhh sama Mba, aq juga trial hanya pake suncreen aja setelah facewash dan toner jadi lebih gak oily loh, karena sunscreen nya juga udah mengandung pelembab, maklum mukaku oily parah, hehe

    BalasHapus

Popular