SeCrP7dtUL2aVHC9BPTmzy7YOro5ys5FuFCiiVVo

#Sharing : Spill Pelembab Harian yang Aman Digunakan Selama Masa Hamil dan Menyusui

ilustrasi ibu hamil menggunakan skincare (Pexels.com/Yan Krukov)

Halo, kali ini saya ingin berbagi pengalaman dalam memilih dan memakai pelembab (baik untuk siang maupun malam hari) selama masa hamil dan menyusui yang terbukti aman dan tidak menimbulkan efek samping apa – apa di saya pribadi.

Seperti yang sudah pernah saya bahas di artikel skincare selama masa hamil dan menyusui di sini, memilih skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui memang tidak mudah ya, karena kita tentu akan lebih concern dan pemilih terutama dalam hal  bahan kandungan di dalam skincare yang akan kita gunakan. Faktor keamanan menjadi sangat penting, kalau biasanya kita cuek saja dengan kandungan tertentu semisal paraben, saat hamil dan menyusui kita akan menjauhi bahkan sama sekali tidak menyentuh kandungan ini demi kemanan calon buah hati nantinya, such a mother instinct ya.

Beberapa ibu mungkin berani mengambil keputusan ekstrim dengan benar – benar tidak memakai skincare sama sekali selama masa kehamilan, jujur saya pribadi belum bisa se berani itu karena memakai skincare saja masih ada kendala dan keluhan ini itu di kulit apalagi tidak memakai sama sekali? begitu pikir saya waktu itu sehingga konsekuensinya bila kita tetap ingin ber skincare ria ya harus mau sedikit repot untuk mencari dan mengumpulkan informasi sebanyak – banyaknya tentang skincare selama masa kehamilan.

Rekomendasi pelembab untuk ibu hamil dan menyusui

Mengapa pelembab? karena pelembab juga memainkan peranan penting dalam merawat kulit,yakni menjaga kadar air di dalam kulit kita sehingga kulit tidak kekeringan atau overproruksi sebum, sehingga mau tipe apapun kulit kita memang sangat disarankan untuk tidak skip pelembab dalam skincare sehari – hari.

Memilih pelembab saat masa hamil dan menyusui benar – benar sangat melelahkan dan membuat galau. Sepengalaman saya, betapa tidak, banyak sekali informasi dan kontroversi yang membuat bingung mana yang benar dan mana yang harus diikuti. Beberapa ahli menyarankan untuk tidak memakai pelembab yang mengandung paraben, beberapa mengatakan bahwa paraben masih aman asal dalam batas wajar komposisinya, nah kan kita sebagai orang awam tidak tahu menahu berapa komposisi yang pas dan seberapa sering dibolehkan memakai produk dengan kandungan paraben? bagaimana efek jangka panjang dan lain – lain nya.

Akhirnya saya memutuskan untuk mencari – cari rekomendasi produk yang bisa dibilang benar – benar aman dari kontaminasi bahan kimia baik yang sudah nyata – nyata berbahaya atau yang masih in between dan diperdebatkan oleh dua pendapat antara aman dan tidak. Tidak mau mengambil resiko dan memang prinsip saya bila memang ragu ya mending tidak sama sekali, akhirnya saya mencari saja produk – produk organik yang memang secara klaim dan sertifikasi sudah teruji aman dan perusahaan nya sudah established lama yang menunjukkan memang kualitas perusahaan dan produk nya bagus.

Sebelunya saya disclaimer terlebih dahulu bahwa ini adalah murni pengalaman pribadi, di mana pengalaman pribadi saya belum tentu memberikan hasil yang sama bila dicoba oleh yang lain ya karena kulit kita semua berbeda – beda, produk yang sama bisa memberikan hasil yang berbeda, jadi silahkan mengambil ini sebagai bahan referensi dan pertimbangan bila sedang mencari pelembab yang aman dari yang pernah menggunakan nya.

Oke, selama masa hamil saya mencoba dan memakai tiga produk pelembab dengan merk yang berbeda, diantaranya :

Sensatia botanicals sandalwood facial C serum

Loh kok serum? yap, namanya memang serum tapi ini adalah produk yang ditujukan untuk fungsi pelembab atau moisturizer. Varian sandalwood adalah varian untuk tipe jenis kulit berminyak dan kombinasi  sesuai dengan tipe kulit saya. Tekstur nya seperti lotion, sangat ringan dan cepat meresap di kulit. Aromanya khas aroma skincare sensatia yang berbau rempah khas seperti jamu – jamuan, namun tidak terlalu mengganggu dan akan hilang dengan sendirinya. Produk ini bisa digunakan pagi dan malam hari. Saya menggunakan produk ini karena selain memang aman untuk ibu hamil dan menyusui,juga karena bisa digunakan pagi dan malam. Kita semua tahu kan kalau krim malam biasanya mengandung bahan – bahan aktif yang tidak direkomendasikan untuk ibu hamil seperti retinol maupun whitening, sehingga selama hamil saya skip pemakaian krim malam dan beralih ke pelembab serbaguna ini.

Sukin moisturizer for sensitive skin

Kalau untuk brand yang satu ini memang bukan lokal punya, namun brand dari negara tetangga, Australia. Bagi para pecinta brand organik dan juga vegan tentu tahu dengan poduk ini. Sukin memang banyak direkomendasikan oleh para pecinta skincare organik karena kandungan nya yang aman untuk ibu hamil dan menyusui. Untuk teksur nya sendiri sangat rich dan thick menurut saya seperti day cream pada umumnya , jujur saya kurang suka dengan tipe krim yang thick begini karena pasti akan berat di wajah dan membuat kulit makin oily dan benar saja tidak lama setelah pemakaian kulit sudah menjadi kilang minyak, mungkin seharusnya saya mencoba varian yang khusus untuk kulit berminyak ya, namun sayangnya waktu itu sedang out of stock. Overall produk ini bagus hanya saja saya kurang suka dengan after pemakaian nya saja.

Olay total effect day cream

Loh dari produk organik kenapa langsung lompat ke produk drugstore? Ya jadi ceritanya selain mencari – cari rekomendasi produk sampai bertemu dengan produk organik, saya juga melihat – lihat review dan rekomendasi dari para beauty influencer yang kala itu sedang hits, yang memang seusia dan kebetulan sedang me review produk pelembab yang aman untuk ibu hamil karena kandungan nya bsia dibilang tidak neko – neko. Salah satu produk yang di mention adalah olay total effect day cream ini, dan poin plus nya produk ini mudah ditemukan karena dijual di minimarket juga dengan ukuran mini, jadi cocok lah untuk trial. Setelah mencoba ternyata benar enak dipakai nya, tekstur nya krim tapi tidak terlalu thick dan cepat sekali menyerap. Saya perhatikan satu – satu ingredients nya juga tidak menemukan paraben, alhasil boleh juga untuk dicoba. Saya memakai produk ini untuk skincare pagi saja karena untuk pelembab malam saya masih tetap memakai produk dari Sensatia.

Jadi itulah tiga pelembab selama masa hamil dan menyusi yang saya pakai dan puji syukur tidak ada kendala apa - apa dan anak saya juga lahir dengan sehat dan selamat. Dari ketiga produk di atas, mostly yang saya pakai paling lama ya siapa lagi kalau bukan produk lokal dari Sensatia. Meskipun dari segi harga memang sedikit pricey, namun worth it dengan jaminan kualitas dan rasa aman yang diberikan saat dipakai selama masa hamil dan menyusui.

 

Terima kasih sudah berkunjung.

 

 

Related Posts
Umi Fitria Prihantini
Seorang Ibu, wanita, teman dan partner yang selalu ingin membuka hati dan pikiran untuk belajar tentang hidup. Email : simpelmommy@gmail.com

Related Posts

3 komentar

  1. Sama mba, aku pas hamil juga ttp rutin pakai skincare, Krn memang udah terbiasa juga sejak zaman sekolah. Jadi ga mungkin kalo hrs stop semasa hamil. Udah rutin aja kdg kulit masih masalah, apalagi ga pakai Yaa 🤣.

    Dari 3 produk di atas cuma sukun yg aku belum coba. Tapi stlah baca review mba, kayaknya ga bakal mau coba juga. Skincare tekstur yg terlalu berat gitu aku juga ga cocok. Berasa minyak bgt ntr muka 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya sukin. Malah auto type sukun sih 🤣🤣

      Hapus
    2. Iya Mba padahal pengen bisa cocok sama si sukin ini tapi yasudahlah, untung masih ada pilihan lain, hehe.

      Hapus

Popular